Rabu, 22 Mei 2019
Follow:
 
DPRD Inhil Dukung Penuh Program Pemkab Bidang Pertanian dan Perkebunan Kelapa

alfi | Inderagiri Hilir
Senin, 19/11/2018 | 18:55:34 WIB
TEMBILAHAN, LIPO - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Indragiri Hilir (Inhil) akan mendukung sepenuhnya program yang menyangkut kepentingan masyarakat terutama di bidang pertanian dan perkebunan kelapa, yang diusulkan oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) untuk tahun 2019 mendatang.

Pernyataan tersebut disampaikan Ketua DPRD Inhil, Dani M Nursalam dihadapan puluhan massa yang mengatasnamakan Aliansi Pemuda Mahasiswa Inhil (APMI), yang mendatangi Gedung DPRD di Jalan HR Soebrantas Tembilahan, Senin (19/11/2018).

Dikatakan Dani M Nursalam, saat ini DPRD bersama Pemkab Inhil sudah mencari berbagai solusi dan langkah-langkah yang tepat, dalam upaya menekan beban yang diderita masyarakat di Negeri Seribu Parit.

"Sekarang kita sedang membahas Kebijakan Umum Anggaran (KUA) dan Prioritas Plafon Anggaran Sementara (PPAS) tahun 2019, sudah 2 hari 2 malam kami lakukan pembahasan. Hari ini seyogyanya penandatanganan KUA PPAS. Namun karena begitu banyaknya yang harus diakomodir, sehingga harus diundur Rapat Paripurna pada Rabu (21/11/2019) nanti," tuturnya.

Selama pembahasan KUA PPAS tersebut, lanjut politisi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Inhil yang akrab disapa Dani ini, yang paling hangat diperbincangkan adalah masalah perekonomian, khususnya pertanian dan perkebunan kelapa.

"Untuk persoalan kelapa ini, Pemda sudah menjalin kerjasama dengan sejumlah pihak, guna mengedukasi petani kita dengan berbagai keterampilan, sehingga kelapa yang dijual tidak hanya berupa kelapa bulat saja, tapi juga bisa diolah dalam bentuk produk lainnya yang bernilai ekonomis," terangnya.

Belum lagi dengan adanya program Desa Maju Inhil Jaya (DMIJ) Plus yang digagas Pemkab Inhil 5 tahun ke depan, tambah Dani lagi, nantinya masyarakat akan dilibatkan dalam pengelolaan kelapa tersebut.

"Mudah-mudahan dengan komitmen Pemda 5 tahun ke depan ini, pengelolaan bidang perkelapaan bisa berjalan dengan baik," harapnya.

Sementara itu, Koordinator Lapangan (Korlap) Massa Aksi APMI, M Husaini yang diwawancarai awak media menjelaskan, aksi yang mereka lakukan hari ini bertujuan untuk mengawal anggaran dan dana program tahun 2019 mendatang.

"Kami minta dana bidang pertanian dan perkebunan lebih ditingkatkan lagi, karena Inhil terkenal dengan hamparan kelapa terluas di dunia," katanya.

Pada kesempatan tersebut, massa aksi juga terlihat membawa poster yang bertuliskan "APBD harus pro rakyat kecil, merdeka" dan "APBD harus sebesar-besarnya untuk revolusi industri kelapa Inhil".

"Kita tidak ingin anggaran perbaikan perkebunan kelapa rakyat lebih kecil dari anggaran lainnya," teriak orator aksi Saifudin Ihwan.(lipo*7)





Berita Lainnya :
 
  • PWI Inhil Gelar Buka Puasa Bersama Yatim Piatu dan Kaum Dhuafa
  • Wabup Inhil : Nuzulul Qur'an Momentum Tingkatkan Kesadaran Amalkan Ajaran Al Qur'an
  • Tandatangani Komitmen Bersama SP4N, Wabup Inhil Harap Bawa Perbaikan Terhadap Pelayanan Publik
  • Pemprov Riau akan Beli 65 Unit Kapal untuk Nelayan
  • Mantan Danjen Kopassus Ditangkap
  • Inilah 13 Caleg DPR RI Asal Riau yang Lolos ke Senayan
  • Safari Ramadan Pemkab Kuansing, Camat Inuman Sampaikan Dua Usulan
  • Di DPRD Bengkalis, PKB Raih Tiga Kursi
  • Jembatan Parit 7 Bangko Dikabarkan Rusak Parah, Ini Kata PUPR Rohil
  •  
     
     
     
       
    Nasional Daerah
    Politik Hukrim
    Ekonomi Otomotif
    Sport Internasional
    Hiburan Bandar Serai
    Lifestyle Tekno
    Travelling    
       
    Copyright © 2014-2015 LiputanOke.Com, All Rights Reserved - Redaksi - Pedoman Media Siber - Info Iklan - Disclaimer - Index