Rabu, 19 Juni 2019
Follow:
 
Bawaslu: Prabowo-Jokowi Belum Tertib Laporkan Dana Kampanye

alfi | Politik
Kamis, 30/05/2019 | 13:39:56 WIB
JAKARTA, LIPO - Anggota Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu), Fritz Edward Siregar, mengatakan kedua paslon capres-cawapres Pemilu 2019 belum tertib dalam melaksanakan administrasi pelaporan pengeluaran dana kampanye. Temuan ini berdasarkan hasil pengawasan Bawaslu terhadap Laporan Penerimaan dan Pengeluaran Dana Kampanye (LPPDK) Pemilu 2019.

"Dari sisi transparansi dan akuntabilitas, paslon capres-cawapres belum tertib administrasi. Ketidaktertiban terlihat dari identitas penyumbang yang disampaikan dalam laporan tidak lengkap," ujar Fritz di Jakarta,  Kamis (30/5).

Kondisi yang tidak tertib ini, kata Fritz, menyulitkan proses veriflkasi lebih mendalam. Padahal, menurut dia, pelaporan dana kampanye adalah upaya untuk membangun transparansi dan akuntabilitas pemilu.

"Identitas penyumbang ini kan menyangkut alamat, nomor telepon, nomor identitas, dan Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP). Ada beberapa yang tidak lengkap dari identitas penyumbang tersebut," jelas Fritz.

Berdasarkan temuan Bawaslu, dalam laporan dana kampanye capres-cawapres Joko Widodo-Ma’ruf Amin terdapat 222 penyumbang perseorangan, tiga sumbangan dari kelompok dan sumbangan dari lima badan usaha nonpemerintah yang tidak memiliki kelengkapan identitas.

Sementara itu, dalam laporan dana kampanye paslon Prabowo Subianto-Sandiaga Uno, ditemukan sebanyak 42 penyumbang perseorangan yang tidak memiliki identitas lengkap dan 18 penyumbang kelompok. Untuk penyumbang badan usaha non pemerintah tidak ada ada dalam laporan eana kampanye paslon nomor urut 02 itu. 

Meski ditemukan ketidakteraturan, Fritz mengakui bahwa terdapat kekosongan hukum dalam pengaturan dana kampanye khususnya pada pilpres untuk tingkat provinsi dan kabupaten/kota. UU Pemilu Nomor 7 Tahun 2017 hanya mengatur sanksi jika tim kampanye paslon capres-cawapres tidak melaporkan dana kampanye di tingkat nasional kepada KPU RI. 

"Padahal tetap ada kewajiban bagi tim kampanye daerah untuk menyampaikan laporan kepada KPU di masing-masing tingkatan," tambah Fritz.(lipo*3/rol)



Berita Lainnya :
 
  • Bank Riau Kepri Fishing Community Gelar Tribar Akbar 2019
  • Bank Riau Kepri Fishing Community Gelar Tribar Akbar 2019
  • Pelajari Suku Duano dan Menongkah, Tim dari Korsel Kunjungi Inhil
  • Sekda Inhil : Gaji 13 PNS Akan Cair 1 Juli
  • Ini Jadwal Penerimaan Siswa Baru SMP di Pekanbaru
  • Kartika Putri Bongkar Sikap Suami saat Bertengkar
  • Begini Kondisi Jalan Soebrantas Panam Setelah Diguyur Hujan
  • Korban yang Hanyut Diseret Arus di Jalan di Sekitar Jalan Lobak Pekanbaru Ternyata Pengantin Baru
  • Langgar Aturan Zonasi PSB, Ini Sanksi untuk SMA/Sederajat di Riau
  •  
     
     
     
       
    Nasional Daerah
    Politik Hukrim
    Ekonomi Otomotif
    Sport Internasional
    Hiburan Bandar Serai
    Lifestyle Tekno
    Travelling    
       
    Copyright © 2014-2015 LiputanOke.Com, All Rights Reserved - Redaksi - Pedoman Media Siber - Info Iklan - Disclaimer - Index