Kamis, 09 April 2020
Follow:
 
Cegah Corona, KPU Tunda Tiga Tahapan Pilkada 2020

elpi | Politik
Minggu, 22/03/2020 | 06:10:55 WIB
JAKARTA, LIPO - Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI menunda tiga tahapan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2020 sebagai upaya pencegahan virus Corona baru atau Covid-19. Beberapa tahapan ada yang berlangsung di tengah status Indonesia dalam masa darurat Covid-19 hingga 29 Mei 2020.

"Menunda tiga tahapan penyelenggaraan pilkada," ujar Komisioner KPU RI Viryan Aziz kepada wartawan, Sabtu (21/3).

Ia mengatakan, tiga tahapan yang ditunda itu di antaranya pelantikan panitia pemungutan suara (PPS), verifikasi bakal pasangan calon perseorangan, serta rekrutmen petugas pemutakhiran data pemilih (PPDP) termasuk pencocokan dan penelitian (coklit) data pemilih.

Ia menuturkan, penyebaran Covid-19 makin masif melihat dari jumlah pasien positif virus Corona yang terus meningkat. Menurut dia, tahapan penyelenggaraan tahapan dalam waktu dekat sangat berpotensi terjadi kontak fisik antarmanusia.

Namun, penundaan tiga tahapan itu belum tentu berimbas terhadap pengunduran hari pemungutan suara. Pemungutan suara serentak di 270 daerah baik pemilihan gubernur, wali kota, maupun bupati dijadwalkan diselenggarakan pada 23 September 2020 mendatang.

"Belum tentu, kita melihat perkembangan Covid-19. (Penundaan) sampai waktu yang akan ditentukan kemudian dengan pertimbangan tersebut," kata Viryan.

Sebelumnya, Koordinator Komite Pemilih Indonesia (Tepi) Jerry Sumampouw mengatakan, KPU perlu memikirkan skenario penundaan tahapan Pilkada 2020. KPU harus menyusun skenario terburuk jika melihat perkembangan penyebaran virus corona di Indonesia.

Menurut Jerry, kondisi sekarang ini sudah memenuhi syarat kejadian luar biasa dan tidak terduga dalam proses pemilihan untuk kemudian dilakukan penundaan tahapan pilkada.

"Kalau sesuai dengan tahapan yang sekarang tahapan penetapan calon itu kan akan berlangsung di bulan Juli, 8 Juli kalau enggak salah. Jadi masih ok kelihatannya. Tetapi kalau virus ini makin masif saya kira memang akan punya problema-problema yang di kemudian hari akan memperbesar dampak dan mempermasif penyebaran virus ini," tutur dia.(lipo*3/rol)



Berita Lainnya :
 
  • Pemprov Riau Umumkan Hasil Seleksi Administrasi Asesmen 24 Pejabat Eselon II
  • Riau Belum Siap Pembatasan Sosial Berskala Besar Lawan COVID-19 seperti Jakarta
  • Ayat Cahyadi: Pemko Pekanbaru Masih Mengkaji Penerapan PSBB
  • Sudah 8 PDP Corona Meninggal di Riau, Hasil Swab Belum Keluar
  • Lagi Hamil 8 Bulan, Pasien Positif Corona di Sumbar Meninggal
  • Suarez Nantikan Neymar Kembali ke Barcelona
  • TNI AL Tingkatkan Patroli di Jalur Tikus RI-Malaysia
  • 15 Orang Terkaya di Dunia, Bill Gates Urutan 2
  • Utang Luar Negeri RI Capai Rp6.500 Triliun
  •  
     
     
     
       
    Nasional Daerah
    Politik Hukrim
    Ekonomi Otomotif
    Sport Internasional
    Hiburan Bandar Serai
    Lifestyle Tekno
    Travelling    
       
    Copyright © 2014-2015 LiputanOke.Com, All Rights Reserved - Redaksi - Pedoman Media Siber - Info Iklan - Disclaimer - Index