Selasa, 15 Oktober 2019
Follow:
 
Polda Riau Tetapkan 47 Tersangka Karhutla Perorangan dan 1 Korporasi

alfi | Hukrim
Sabtu, 14/09/2019 | 07:40:55 WIB
PEKANBARU, LIPO - Satgas Penegakan Hukum Karhutla, Direktorat Reserse Kriminal Khusus Polda Riau, Jumat (13/9/2019) sore telah tetapkan penanganan penyidikan kasus Karhutla menjadi 45 Laporan Polisi (LP) dengan jumlah tersangka 47 perorangan dan satu korporasi, yakni PT SSS.

Direktur Reserse Krimanl Khusus Polda Riau, AKBP Andri Sudarmadi, saat konpresnya mengatakan pihaknya sukses menambahkan jumlah kasus Karhutla serta tersangka.

"Kasus karhutla saat ini sudah tahap sidik dengan jumlah kasus 45 LP yang menetapkan 47 orang tersangka perorangan serta korporasi (PT SSS)," ungkap Andri.

Dalam proses tahap sidiknya, kata Andri, terhadap PT SSS, luas lahan yang terbakar mencapai 150 hektare. Selain itu dalam pemeriksaan saksi-saksi sudah mencapai ke internal perusahaan.

"Saksi yang kita periksa ada 23 orang. Sejak pegawai bawahannya (perusahaan,red) hingga Komisaris utamanya. Selain itu, 12 warga yang diduga mengetahui kasus ini serta 7 orang saksi ahli ikut diperiksa," terang Andri.

Hal senada juga disampaikan Kabid Humas Polda Riau Kombes Pol Sunarto dalam keterangannya. Katanya, kasus Karhutla tersebut menjalani proses penyidikan yang ditingkatkan dalam penegakkan hukumnya. Diantaranya satu kasus sudah tahap P21.

"Selain itu 25 kasus tahap penyidikan dan 4 kasus lainnya sudah ketahap I. Sementara itu 16 kasus juga masuk dalam tingkat tahap II," tambah Sunarto.

Lebih lanjut, kata Sunarto, pihaknya tengah mengupayakan sosialisai ke lingkungan masyarakat umum terkait pencegahan kebakaran lahan. Sehingga dalam pembukaan lahan secara instan tidak lagi menggunakan dengan membakar lahan untuk perkebunan.

"Sisi lain, Satgas juga menemukan kendala di lapangan dalam pencegahan pemadaman kebakaran lahan. Diantaranya dengan adanya sarana dan prasarana terbatas. Sulitnya mencari sumber air dan jauhnya lokasi serta luasan yang terbakar. Ditambah saat ini musim kemarau telah masuk," tutur Sunarto.(lipo*3/hrc)





Berita Lainnya :
 
  • Wagubri Buka Lokakarya Pengelolaan Pesisir Terpadu
  • Pemprov Riau Jalin Kerja Sama dengan Pohang Techno Park Korea Selatan
  • Buka International Dragon Boat Festival 2019, Gubri Berharap Jadi Agenda Tahunan Riau
  • Diminta Kepala Bekraf, Gubri Presentasikan Ekonomi Kreatif di Jakarta
  • Antusias Masyarakat Tinggi, Ferryandi Harap Pemkab Inhil Bangun Gor Badminton yang Refresentatif
  • Tutup Inhil Badminton Open Turnament 2019, Wabup SU Harap Muncul Atlet Muda Berbakat
  • Gubri Pimpin FGD Rencana Penanganan Abrasi Bengkalis & Meranti
  • Daftar ke Nasdem Sebagai Balon Cabup Inhu, Notaris Siti Aisyah Siap Maju Pilkada 2020
  • Gubri Syamsuar Nonton Bareng Film Iqra' Bersama 250 Anak Yatim dari Siak dan Pekanbaru
  •  
     
     
     
       
    Nasional Daerah
    Politik Hukrim
    Ekonomi Otomotif
    Sport Internasional
    Hiburan Bandar Serai
    Lifestyle Tekno
    Travelling    
       
    Copyright © 2014-2015 LiputanOke.Com, All Rights Reserved - Redaksi - Pedoman Media Siber - Info Iklan - Disclaimer - Index