Senin, 16 Juli 2018
Follow:
 
Pemeritah Revitalisasi 1.000 Pasar Tradisional pada 2016

beye | Ekonomi
Sabtu, 30/07/2016 | 19:10:02 WIB
PALEMBANG (Lipo)-Kementerian Perdagangan menargetkan merevitalisasi 1.000 pasar tradisional pada 2016 untuk mencapai target 5.000 pasar dalam periode 2014-2019.

Direktur Sarana Distribusi dan Logistik Kementerian Perdagangan Sihard Hadjopan Pohan mengatakan pada tahun ini sudah terealisasi sebanyak 878 pasar tradisional yakni 168 pasar melalui dana tugas pembantuan dan 710 pasar melalui dana alokasi khusus APBN.

"Tahun ini dialokasikan Rp 2,4 triliun, di mana Rp 1,4 triliun berupa dana tugas pembantuan dan Rp 1 triliun berupa dana alokasi khusus," kata Sihard di Palembang, Sabtu (30/7).

Ia melanjutkan, sementara pada 2015 telah merevitalisasi sebanyak 1.002 pasar tradisional yakni memperbaiki bangunan pasar tradisional agar lebih bagus dan menarik perhatian masyarakat.

Menurutnya, belum tercapainya target tahun ini karena belum siapnya pemerintah daerah dalam menyediakan lahan atau kawasan yang akan dibangun, baik oleh Kemendag atau kalangan swasta.

Lahan yang akan dibangun menjadi pasar tradisional kerap masih bermasalah dalam legalisasi (sengketa). "Dalam penentuan pembangunan atau revitalisasi pasar, setiap daerah harus menyediakan lahan yang memiliki sertifikat dan status yang jelas dan merupakan kepemilikan dari pemda itu sendiri," kata dia.

Meski demikian, pemprov, pemkab/pemkot tidak perlu ragu dalam mengajukan proposal revitalisasi pasar karena akan dilakukan proses verifikasi di tingkat pemerintah pusat. Ia menambahkan, program revitalisasi pasar ini merupakan salah satu upaya untuk menjaga eksistensi pasar tradisional yang mulai ditinggalkan konsumen.

Kemendag menilai perlu adanya sinergis dari semua pihak, mulai dari pemda, swasta, dan masyarakat untuk menyosialisasikannya. "Pasar harus terus disosialisasikan agar tetap menarik konsumen datang ke pasar. Untuk itu, pemerintah kerja sama dengan pemda dalam membangun kualitas SDM (sumber daya manusia) dalam peningkatan kualitas daya saing bagi para pelaku pasar," kata dia. (Lipo*2/Rol)

Sumber : Antara



Berita Lainnya :
 
  • Wakapolres Inhil Himbau Masyarakat Aktif Perangi Penyakit Masyarakat
  • Rabu Lusa, Kloter Kedua JCH Riau Menuju Embarkasi Batam
  • Polisi Periksa 9 Orang Terkait Perampokan di Jalan Rawamangun Pekanbaru
  • ABK Tewas Tenggelam di Sungai Empat Inhil
  • Pemkab Bengkalis Tanggung Biaya Domestik Calon Jamaah Haji
  • Anggota Timses Bagi-Bagi Bahan Baju pada Ibu-Ibu di Inhu Ditahan
  • Jelang Keberangkatan, JCH Inhil Diimbau Tetap Jaga Kesehatan
  • 230 JCH Bengkalis Dilepas di Duri dengan Prosesi Tepung Tawar
  • Sebulan Buron, Bandit Begal Angkutan Online Dibekuk Polres Kuansing di Lampung
  •  
     
     
     
       
    Nasional Daerah
    Politik Hukrim
    Ekonomi Otomotif
    Sport Internasional
    Hiburan Bandar Serai
    Lifestyle Tekno
    Travelling    
       
    Copyright © 2014-2015 LiputanOke.Com, All Rights Reserved - Redaksi - Pedoman Media Siber - Info Iklan - Disclaimer - Index