Jum'at, 14 Desember 2018
Follow:
 
Ini Alasan Air Asia Tutup Rute Pekanbaru-Bandung

beye | Ekonomi
Kamis, 04/08/2016 | 15:28:43 WIB
PEKANBARU (Lipo)-Pengelola Bandara Internasional Sultan Syarif Kasim II, Pekanbaru mengaku, operator penerbangan terkenal dengan slogan low cost carrier atau berbiaya murah yakni Air Asia telah menutup rute domestik Pekanbaru-Bandung pergi pulang terhitung awal Agustus tahun ini.

"Memang betul, rute ke Bandung terhitung sejak 1 Agustus. Dua hari sebelumnya tutup, mereka (Air Asia) sudah ajukan surat kepada kita," kata Kepala Divisi Pelayanan dan Operasi Bandara Internasional Sultan Syarif Kasim II, Hasturman Yunus di Pekanbaru, Kamis (4/8).

Hasturman mengatakan, penutupan rute Pekanbaru-Bandung pergi pulang diterbangi satu kali setiap hari dilakukan karena kebijakan dari manajemen Indonesia Air Asia yang memiliki kantor pusat di Jakarta.

Tetapi pihaknya terus menggali informasi terkait penutupan rute tersebut, sehingga didapatlah informasi bahwa perusahaan penerbangan yang memiliki induk usaha di Bandara Internasional Kuala Lumpur dengan lima anak usaha termasuk Indonesia Air Asia sedang mengalami kesulitan modal.

Operasional rute maskapai Air Asia ditutup tersebut di bandara setempat memiliki nomor penerbangan QZ 631 dengan tiba sekitar pukul 9.50 Wib dan lepas landas sekitar pukul 10.15 Wib menuju Bandar Udara Internasional Husein Sastranegara, Bandung.

"Itu (penutupan), terkait mereka sedang tunggu pesawat. Jadi kan ada rencana anak usaha mereka bernama Air Asia X dalam ketentuan harus di-merger dengan Indonesia Air Asia. Dan sekarang lagi menunggu proses itu," katanya.

"Sementara dalam surat yang diajukan, (Air Asia) cuma beralasan untuk sementara kami tidak terbangi dulu rute tersebut, sampai pemberitahuan lebih lanjut,".

Kepala Stasiun Air Asia Cabang Pekanbaru, Wahyu Wijanarko membenarakan kabar ditutupnya rute tersebut. Tetapi kebijakan penutupan serta alasannya berada di otoritas maskapai memiliki induk di negeri jiran Malasysia.

"Mungkin nanti ada 'statement' dari pusat (Jakarta). Dan bagian public relation yang berhak keluarin pernyataan serta alasan penutupan tersebut serta segera diumumkan di website," katanya.

Tercatat, terakhir kali maskapai Indonesia Air Asia berhenti beroperasi dengan rute Pekanbaru-Medan pergi pulang satu kali dalam sehari terhitung pada tanggal 1 Juli 2014. (Lipo*2)

Sumber : Antara



Berita Lainnya :
 
  • Pemkab Inhil Raih Penghargaan Pembina KUR Terbaik 2018
  • Baru 14,7 Persen UMKM Riau Manfaatkan KUR
  • Enam Warga Meninggal Dalam Bencana Banjir Riau
  • Gerakan Anti Hoax Goes to School Isi Masa Libur Al Huda
  • Ingin Sukses, Marlis Syarif Ingatkan Siswa Patuhi dan Hormati Orangtua dan Guru
  • Gelar Seminar dan Talk Show, Fokus Ornop Inhil Datangkan Ketua KY
  • Jelang Kedatangan Jokowi, Pangdam I BB Pimpin Apel Pengamanan
  • Pemkab Kuansing Dukung RSUD Teluk Kuantan Menuju Akreditasi Paripurna
  • Masa Penahanan Lurah Pemeras Warga di Pekanbaru Diperpanjang
  •  
     
     
     
       
    Nasional Daerah
    Politik Hukrim
    Ekonomi Otomotif
    Sport Internasional
    Hiburan Bandar Serai
    Lifestyle Tekno
    Travelling    
       
    Copyright © 2014-2015 LiputanOke.Com, All Rights Reserved - Redaksi - Pedoman Media Siber - Info Iklan - Disclaimer - Index