Sabtu, 19 Januari 2019
Follow:
 
Triwulan Tahun ini Ekonomi Riau Tumbuh 2,91 Persen

alfi | Ekonomi
Senin, 07/05/2018 | 21:11:22 WIB
Pekanbaru, LIPO - Badan Pusat Statistik menyatakan ekonomi Riau triwulan I-2018 tumbuh 2,91 persen jika dibanding triwulan yang sama tahun sebelumnya sebesar 2,84 persen.

"Dari sisi produksi, pertumbuhan didorong oleh hampir semua lapangan usaha, dengan pertumbuhan tertinggi dicapai Lapangan Usaha Jasa Perusahaan yang tumbuh 9,59 persen," kata Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Aden S. Gultom, di Pekanbaru, Senin.

Menurut dia, pertumbuhan terjadi pada seluruh lapangan usaha, kecuali pada lapangan usaha Pertambangan dan Penggalian; dan Pengadaan air, Pengelolaan sampah, limbah dan daur ulang yang mengalami kontraksi masing-masing sebesar minus 4,33 persen dan minus 1,49 persen.

Dari sisi Pengeluaran, lanjutnya, pertumbuhan tertinggi dicapai oleh Komponen Konsumsi Lembaga Nonprofit yang Melayani Rumahtangga yang tumbuh sebesar 11,25 persen.

Struktur ekonomi Provinsi Riau triwulan I-2018 menurut pengeluaran didominasi oleh Komponen Pengeluaran Konsumsi Rumah Tangga (36,77 persen), diikuti Pembentukan Modal Tetap Bruto (35,49 persen) dan Ekspor Barang dan Jasa (29,06 persen).

Meski begitu, Ekonomi Riau triwulan I-2018 mengalami kontraksi sebesar minus 4,56 persen terhadap triwulan IV-2017 (q-to-q). Dari sisi produksi, Kontraksi ini terjadi akibat siklus musiman di kategori pertanian dan industri pengolahan. 
  
Selain itu, penurunan ini juga disebabkan oleh kontraksi yang terjadi pada beberapa lapangan usaha yang memiliki kontribusi besar, diantaranya Pertambangan dan penggalian (minus 2,60 persen). Kemudian Industri Pengolahan (minus 6,33 persen), Perdagangan Besar dan Eceran, Reparasi Mobil dan Sepeda Motor (minus 1,92 persen), dan Konstruksi (minus 7,92 persen).

 "Sementara itu, dari sisi pengeluaran, kontraksi ini terjadi erat kaitannya dengan penurunan ekspor barang dan jasa ke luar negeri," katanya.

Ia mengatakan secara spasial pada triwulan I-2018 Provinsi Riau berkontribusi sebesar 5,00 persen terhadap perekonomian nasional.

"Provinsi Riau merupakan provinsi dengan PDRB terbesar ke-5 di Indonesia atau PDRB terbesar di luar Pulau Jawa," katanya.(lipo*3/ant)
       





Berita Lainnya :
 
  • Penyebar Hoaks Ijazah Jokowi Palsu Ditangkap Polisi
  • Pemkab Kuansing Jajaki Kerjasama dengan Balai Industri Padang
  • Dinilai Tak Memuaskan Publik, KPU Tak Lagi Beri Kisi-kisi pada Debat Pilpres Kedua
  • Hasil Audiensi Pemkab ke Kemenristek Dikti RI, Inhil Akan Dijadikan Kluster Kelapa Nasional
  • PWI Riau Undang Gubri dan Sekdaprov Hadiri HPN 2019 di Surabaya
  • Dampingi Program Maghrib Mengaji, Babinsa Koramil 07/Reteh Ajarkan Ngaji dan Shalat
  • Bhabinkamtibmas Sialang Panjang dan Komunitas Generasi 2000 Berbagi Inhil Bedah Rumah Nenek Asiah
  • Penista Agama Islam di Bengkalis Ditangkap Polisi
  • BMKG Minta Waspadai Hujan Lebat Disertai Petir di Riau
  •  
     
     
     
       
    Nasional Daerah
    Politik Hukrim
    Ekonomi Otomotif
    Sport Internasional
    Hiburan Bandar Serai
    Lifestyle Tekno
    Travelling    
       
    Copyright © 2014-2015 LiputanOke.Com, All Rights Reserved - Redaksi - Pedoman Media Siber - Info Iklan - Disclaimer - Index