Minggu, 26 Januari 2020
Follow:
 
Rio Diganti, Mempora Kecewa

albert | Sport
Kamis, 11/08/2016 | 17:30:39 WIB
LIPO-Kepala Komunikasi Publik Kementerian Pemuda dan Olahraga Gatot S Dewa Broto mengaku kecewa atas keputusan Manor Racing. 

Keputusan itu membuat pebalap F1 Indonesia Rio Haryanto diputus kontrak balapnya di ajang jet darat musim 2016 ini.

"Tentu saja Kemenpora kecewa atas keputusan ini meskipun sebenarnya tidak terkejut atas keputusan Manor karena dua bulan sebelumnya Manor telah mengemukakan rencana penggantian posisi Rio seandainya kekurangan kewajiban dana tidak terpenuhi," kata Gatot pada jumpa pers di Media Center Kemenpora, Jakarta, Kamis (11/8) siang.
 
Menurut Gatot, apabila tidak ada penambahan dana untuk Rio sebesar 7 juta euro (Rp 102 miliar) dari total kebutuhan 15 juta euro (Rp 219 miliar) maka Rio akan diganti usai balap di Budapest, Hungaria (24/7).

Gatot mengatakan Menpora Imam Nahrawi bersama Pertamina telah berusaha sekuat tenaga dengan mengirimkan surat kepada Manor.

"Kami telah berkoordinasi dengan Pertamina dengan mengirimkan surat yang sama kepada Manor di akhir Bulan Juni lalu yang intinya mendesak Manor agar mempertahankan Rio, meskipun begitu kami tetap menghormati keputusan Manor," ujar Gatot.
 
Pemerintah lanjut Gatot, hingga saat ini juga belum mendapat surat resmi dari Manor atas penggantian Rio meski Rio ditawarkan sebagai pebalap cadangan pada sisa balapan musim ini.

"Mengenai hal ini Kemenpora tidak bersikap memutuskan tetapi menyerahkan sepenuhnya kepada menejemen Rio, Pemerintah bersama pertamina mulai saat ini telah mulai memikirkan nasib Rio kedepannya, kami akan perbaiki perencanaan dan persiapannya lebih rapi agar Rio tetap berlaga di F1 tahun berikutnya," jelasnya.
 
Dijelaskan Gatot, Pertamina tetap berkomitmen untuk tahun berikutnya mensponsori Rio, dana APBN lanjutnya, tidak dalam kapasitas digunakan tetapi Komisi X DPR RI menurutnya mendukung dengan menyarankan Kemenpora agar berkomunikasi lebih intensif dengan kementerian terkait yakni Kementerian Pariwisata.
 
Pemerintah sangat menghargai keluarga Rio yang telah mengeluarkan dana pribadi yang tidak sedikit untuk mendukung prestasi Rio di ajang balap jet darat sebesar 3 juta euro, Pertamina, Garuda Indonesia, Bank Mandiri dan BUMN lain serta Duta Besar Komjen yang telah berkomitmen penuh mendukung Rio. 
 
Gatot menjelaskan terkait dana yang telah disumbangkan oleh masyarakat Indonesia untuk mendukung Rio tetap digunakan untuk kepentingan Rio Haryanto.

"Salah satu kegiatan yaitu Fun Racing internal Kemenpora menghasilkan dana Rp 300 juta dan telah diteruskan ke rekening Rio Haryanto, SMS donasi untuk Rio terkumpul sekitar Rp 300 juta dan juga telah di teruskan ke rekening Rio, intinya tidak ada dana Rio yang ngendap di pemerintah, kami ucapkan terimakasih kepada seluruh masyarakat Indonesia yang telah berkontribusi mendukung Rio," ujar Gatot. (lipo*1/jpnn)




Berita Lainnya :
 
  • Pemerintah Indonesia Didesak Terbitkan Travel Warning ke China
  • Bengkalis Dikepung 13 Titik Panas, Potensi Karhutla Meningkat
  • KIP Ingatkan Badan Publik Sampaikan Informasi Virus Corona secara Massif
  • Menpan RB Bantah Penghapusan Tenaga Honorer di Daerah
  • Investor Malaysia Bakal Gelontorkan Rp3 Triliun di Pekanbaru
  • Takjub dengan MPP Pekanbaru, Menteri Malaka Beri Jempol Walikota
  • Terkait Kasus PAW, KPK tak Tutup Kemungkinan Panggil Yasonna
  • Tanpa Gol Messi, Barca Terkapar di Markas Valencia
  • Ini Hasil Lengkap Proliga 2020, Sabtu 25 Januari di Gelanggang Remaja
  •  
     
     
     
       
    Nasional Daerah
    Politik Hukrim
    Ekonomi Otomotif
    Sport Internasional
    Hiburan Bandar Serai
    Lifestyle Tekno
    Travelling    
       
    Copyright © 2014-2015 LiputanOke.Com, All Rights Reserved - Redaksi - Pedoman Media Siber - Info Iklan - Disclaimer - Index