Sabtu, 14 Desember 2019
Follow:
 
Kodim 0314/Inhil Laksanakan Binter Terpadu Pengobatan Gratis Bagi Masyarakat

Elfi | Inderagiri Hilir
Rabu, 20/11/2019 | 16:39:01 WIB
TEMBILAHAN, LIPO - Kodim 0314/Inhil melaksanakan Program Binter Terpadu Pengobatan Gratis di wilayah, di Aula Graha Bhakti Makodim 0314/Inhil, Jalan A Yani Tembilahan Hulu, Rabu 20 November 2019.

Kegiatan bakti TNI dalam bentuk pengobatan gratis ini, merupakan sasaran non fisik bidang Bakti TNI, yang dihadiri sekitar 41 masyarakat dan TNI.

Dandim 0314/Inhil, Letkol Inf Imir Faishal yang diwakili oleh Pasi Teritorial, Kapten Inf A Siregar dalam sambutannya menyampaikan, kegiatan Sasaran non Fisik Bidang bakti TNI meliputi Penyuluhan Kesehatan dan Pengobatan Gratis.

Kegiatan ini merupakan suatu wujud kerjasama antara lembaga pemerintah daerah, khususnya Dinas Kesehatan dengan TNI serta masyarakat, sehingga terjalin komunikasi dan silaturahmi yang baik.

Pasi Ter pun berharap kepada Dokter dari Dinas kesehatan agar bisa memberikan pencerahan tentang kesehatan secara umum. Dengan begitu, masyarakat bisa mengerti cara mengantisipasi atau cegah dini dan bagaimana cara mengatasinya secara tindakan awal ataupun kalau istilah kesehatanya P3K.

"Besar harapan dari saya kegiatan ini bisa dirasakan manfaatnya bagi seluruh masyarakat. Mohon maaf bila mana mungkin pelayanannya tidak terlalu maksimal," katanya.

Sementara itu, Dr Raihana yang diwakili Masitah menyampaikan penyuluhan atau gambaran tentang penyakit "ispa" (Infeksi Saluran Pernafasan).  

ISPA ialah infeksi saluran pernapasan yang disebabkan oleh virus atau bakteri, yang cara penularannya bisa melalui kontak langsung dengan penderita yang mengalami batuk pilek atau melalui air liur.

"Apabila kita yang sehat, kemudian kontak langsung dengan pasien yang kebetulan batuk, pilek, demam itu akan mudah menularnya. Karena daya tahan tubuh kita diserang hingga bisa melemah meskipun kondisi kita dalam keadaan sehat," terangnya.

Adapun gejalanya, yakni flu, batuk, bersin bersin bisa juga disertai sesak nafas dan badan menggigil, dan nyeri otot.

Pencegahannya dengan cara banyak minum air putih, kemudian banyak istirahat di rumah, tidak kontak langsung dengan penderita yang yang terinfeksi penyakit tersebut. Kurangi makan makanan yang berminyak.

"Apabila misalnya sekitar 1 minggu tidak ada perubahan, baru bisa kita ke tempat pelayanan terdekat ke bidan perawat klinik atau puskesmas yang mudah dijangkau," tambahnya.

Busra (80), salah seorang masyarakat yang tinggal di Sungai Raya yang mengalami keluhan sakit dada dan sesak nafas mengucapkan terima kasih kepada Kodim 0314/Inhil atas diselenggarakanya pengobatan gratis ini.

"Kami masyarakat merasa terbantu dan dapat mengontrol kondisi kesehatan kami," imbuhnya.(lipo*7)



Berita Lainnya :
 
  • Normasyah Tawarkan Peningkatan Mutu Pendidikan untuk Menjawab Tantangan Four Point Zero
  • PKB Jadikan Hasil Survey Tentukan Arah Dukungan di Pilkada 2020
  • Hasil Seleksi Administrasi CPNS Pekanbaru Diumumkan Senin
  • BBKSDA Riau Pasang Kamera Trap di Lokasi Jejak Harimau
  • Disdik Riau Dukung Program Merdeka Belajar dari Kemendikbud
  • Diserahkan Wagubri, 55 Atlet Popnas Berprestasi Terima Penghargaan dari Pemprov Riau
  • Ternyata Pertamina Punya 142 Anak dan Cucu Perusahaan
  • Siap Maju di Pilkada Siak, Husni Merza Mendaftar ke PAN
  • Di Jumat Barokah, Husni Merza Kembalikan Formulir ke PAN Siak
  •  
     
     
     
       
    Nasional Daerah
    Politik Hukrim
    Ekonomi Otomotif
    Sport Internasional
    Hiburan Bandar Serai
    Lifestyle Tekno
    Travelling    
       
    Copyright © 2014-2015 LiputanOke.Com, All Rights Reserved - Redaksi - Pedoman Media Siber - Info Iklan - Disclaimer - Index