Selasa, 20 November 2018
Follow:
 
Netanyahu Setuju Bernegosiasi untuk Perdamaian Palestina

alfi | Internasional
Selasa, 31/05/2016 | 09:11:00 WIB
TEL AVIV, LIPO-Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu, pada Senin (30/5), mengatakan bersedia membahas kembali inisiatif perdamaian Arab 2002 untuk perdamaian dengan Palestina. Kesepakatan menawarkan pengakuan diplomatik dari negara-negara Arab terhadap Israel asalkan negara tersebut sepakat dengan kenegaraan Palestina.

Komentar Netanyahu merupakan tanggapan resmi pidato Presiden Mesir Abdel Fattah el-Sisi pekan lalu. Menurut Netanyahu, inisiatif perdamaian Arab mencakup unsur-unsur positif yang dapat menghidupkan kembali perundingan konstruktif dengan Palestina.

"Kami bersedia bernegosiasi dengan negara-negara Arab untuk inisiatif ini, sehingga dapat mencerminkan perubahan dramatis di wilayah tersebut sejak 2002, tapi tetap mempertahankan tujuan yang disepakati dua negara untuk dua bangsa," kata Netanyahu.

Inisiatif Arab pada dasarnya menawarkan pengakuan penuh untuk Israel. Namun dengan syarat Israel harus menyerahkan kembali semua wilayah yang direbutnya di Perang Timur Tengah 1967 dan sepakat memberikan 'solusi yang adil' bagi pengungsi Palestina.

Selama ini sejumlah upaya mendamaikan Israel-Palestina kerap gagal. Palestina menganggap perluasan permukiman Israel menjadi penghambat. Sementara Israel menuntut langkah-langkah pengetatan pengamanan dari Palestina yang dianggap menyerang dan mengancam keselamatan warga Israel.

Komentar Netanyahu terkait inisiatif Arab datang setelah politisi ultra-nasionalis Avigdor Lieberman dilantik sebagai menteri pertahanan baru Israel. Lieberman juga mengatakan dukungannya pada solusi dua negara dalam penyelesaian konflik dengan Palestina.

Lieberman merupakan pemukim di Tepi Barat. Ia telah memicu kontroversi di masa lalu dengan komentarnya mengenai Palestina dan minoritas Arab di Israel. Namun dalam pernyataan kepada wartawan pascaparlemen menyetujui pengangkatannya, Lieberman menyatakan dukungannya pada solusi dua negara untuk dua bangsa.(lipo*3/rol)




Berita Lainnya :
 
  • Empat Anggota PAW DPRD Pekanbaru Resmi Dilantik
  • DPRD Inhil Dukung Penuh Program Pemkab Bidang Pertanian dan Perkebunan Kelapa
  • Puluhan Massa APMI Datangi Gedung DPRD Inhil, Ini Tuntutannya
  • Jika Pusat Tak Turun Tangan, Pemko Pekanbaru akan Perbaiki Drainase di Jalan Sudirman
  • Syukuran di Kuansing, Syamsuar: Ini Rumah Bersejarah Bagi Kami
  • Naik 7,4 Persen, Pemko Pekanbaru Tetapkan UMK 2019 Rp2,762 Juta
  • Komisioner Petahana KPU Bengkalis Tidak Lulus Administrasi
  • Empat Orang Tewas Akibat Tabrakan Maut Antara Truk CPO dengan Mobil Travel di Jalan Lintas Duri
  • Tembilahan Hulu Ditetapkan Jadi Tuan Rumah MTQ Ke-49 Tingkat Kabupaten Inhil 2019
  •  
     
     
     
       
    Nasional Daerah
    Politik Hukrim
    Ekonomi Otomotif
    Sport Internasional
    Hiburan Bandar Serai
    Lifestyle Tekno
    Travelling    
       
    Copyright © 2014-2015 LiputanOke.Com, All Rights Reserved - Redaksi - Pedoman Media Siber - Info Iklan - Disclaimer - Index