Kamis, 21 Februari 2019
Follow:
 
Januari 2017 TPA Muara Fajar Ditargetkan Resmi Beroperasi

beye | Advertorial
Rabu, 13/07/2016 | 21:17:49 WIB
Pekanbaru, Lipo-Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru sudah menyiapkan Tempat Pembuangan Akhir (TPA) baru di KM 23 Muara Fajar, tak jauh dari lokasi TPA yang lama, mengantisipasi permasalahan sampah yang terjadi saat ini dan kedepan.

Hal itu juga dilakukan karena memandang TPA yang lama dalam waktu dekat sudah tak mampu lagi menampung volume sampah yang kian meningkat.
   
Asisten II, Bidang Ekonomi Pembangunan, Dedi Gusriadi, mengatakan, pembangunan TPA dilakukan di atas lahan seluas 5 hektar tak jauh dari lokasi TPA lama di Muara Fajar, Rumbai. Menggunakan bantuan dana dari Anggaran Pendapatan Belanja Nasional senilai Rp 36 miliar, mulai dibangun sejak awal Februari lalu.
   
"Untuk pembangunan TPA itu kemarin sudah kita lakukan ganti rugi lahan seluas lebih kurang 5 hektar, ditahun 2016 ini Pemerintah Kota Pekanbaru dibantu dengan dana APBN untuk pembangunan TPA di Muara Fajar. Berhubung dana yang disetujui masih kurang untuk membangun sarana pendukung, untuk pelaksanaan selanjutnya akan dilakukan sharing dengan Pemko Pekanbaru," kata Dedi.
   
Sarana pendukung tersebut meliputi tempat pencucian mobil, gudang, garase kendaraan, musola dan pos jaga, lima item kegiatan itulah yang tidak tercover dengan dana APBN yang disetujui.

Untuk itulah Pemko yang akan menganggarkan kekurangan dana, jika dikalkulasikan bernilai sebesar lebih kurang hampir Rp 800 juta. Akan dianggarkan melalui APBD-P, dan akan dicoba juga meminta bantuan kepada APBD satu untuk di APBD-P.
   
Mereka sudah bekerja, diperkirakan Januari 2017 TPA sudah diresmikan oleh menteri, TPA ini juga sebagai pilot projek dari mereka melalui APBN dengan sistem sanitary landfill menggunakan desain yang bagus.

"Kami sudah minta dalam rapat koordinasi yang diadakan kemarin, anggaran yang sudah disetujui untuk pembangunan sekarang tetap fungsional dengan masa kontrak habis pada bulan September mendatang. Jadi setelah kontrak selesai dilakukan serah terima kemudian aset akan diserahkan ke Pemko Pekanbaru, Oktober sudah mulai dioperasionalkan, diperkirakan mampu menampung produksi sampah Kota Pekanbaru sampai beberapa tahun mendatang," jelas Dedi.
   
Sementara itu, untuk proses pembangunan pihak kontraktor pelaksana PT Budi Jaya General, terus menggesa pengerjaan dengan ratusan pekerja dan belasan alat berat yang dikerahkan setiap hari menyelesaikan tahap demi tahap pekerjaan pembangunan TPA. Berdasarkan tinjauan lapangan, pekerjaan dalam kodisi sangat baik dan terlihat sangat rapi.
   
Tenaga kerja yang dipakai terampil di bidangnya terfokus dalam pengerjaan kolam Instalasi Pengolahan Lindi (IPL) dan pemasangan geomembran serta geotextile. Menurut keterangan Pelaksana Lapangan PT. Budi Jaya General selaku kontraktor pelaksana, ada sekitar 14 unit alat berat yang dikerahkan untuk melakukan pekerjaan di lokasi kegiatan.
   
"Belasan alat berat melakukan pekerjaan galian dan timbunan di area tempat yang akan dijadikan penampungan sampah (landfill)," kata pelaksana lapangan di lokasi.
   
Tak kurang dari 120 orang melakukan pekerjaan pengecoran kolam IPL yang rata-rata menghasilkan coran beton sebanyak 300 meter kubik per hari. Jika tak ada kendala, Ia optimis batas waktu pengerjaan yang diberikan pada Oktober 2016 bisa direalisasikan. Bahkan, pihaknya menargetkan bisa menyelesaikan sebelum batas waktu yang ditentukan.
   
Menanggapi tudingan adanya dugaan pelanggaran hukum atas proye, panitia lelang mengaku tudingan tersebut tidak memiliki dasar sama sekali. Pasalnya, proyek pembangunan TPA Muara Fajar menggunakan anggaran APBN yang penunjukannya melalui proses lelang yang fair. Di TPA itu juga nantinya bakal dilengkapi peralatan pendukung seperti, timbangan, penerangan jalan umum dan lainnya. (Desi/Adv/Humas)




Berita Lainnya :
 
  • Setibanya di Pekanbaru, Ini Kegiatan Gubernur dan Wakil Gubernur Riau
  • 237 Berkas PPPK Dinyatakan Lulus Admistrasi Oleh BKPP Bengkalis
  • Masyarakat Inhil Diajak Cintai dan Muliakan Ulama
  • Bupati Inhil Pimpin Rapat Penyelesaian Somasi Kredit Poktan Dengan BNI
  • Bupati Inhil Ungkap Keprihatinan Atas Kebakaran di Sungai Guntung
  • Riau Dapat Hibah Pembangunan Asrama Haji Tiga Blok
  • Hujan akan Mengguyur Riau, Masyarakat Diminta Waspada
  • Presiden Jokowi Resmi Lantik Syamsuar-Edy Natar Jadi Gubri dan Wagubri Periode 2019-2024
  •  
     
     
     
       
    Nasional Daerah
    Politik Hukrim
    Ekonomi Otomotif
    Sport Internasional
    Hiburan Bandar Serai
    Lifestyle Tekno
    Travelling    
       
    Copyright © 2014-2015 LiputanOke.Com, All Rights Reserved - Redaksi - Pedoman Media Siber - Info Iklan - Disclaimer - Index