Rabu, 24 Oktober 2018
Follow:
 
Mahathir Akui Perintahkan Cegah Najib ke Luar Negeri

alfi | Internasional
Sabtu, 12/05/2018 | 17:12:23 WIB
KUALALUMPUR, LIPO - Perdana Menteri (PM) Malaysia, Mahathir Mohamad mengakui dirinya yang memerintahkan agar mantan PM Najib Razak dan istrinya, Rosmah Mansor, dicegah ke luar negeri. Saat ditanya apakah pencegahan terkait penyelidikan skandal korupsi, Mahathir enggan menjawab secara gamblang.
 
"Memang benar, bahwa saya yang mencegah Najib dan istrinya untuk meninggalkan negara ini," ucap Mahathir dalam konferensi pers terbaru di Menara Yayasan Selangor, Petaling Jaya, Sabtu (12/5/2018).
 
Departemen Imigrasi Malaysia dalam pernyataan terbaru via akun Facebook resminya menegaskan Najib dan istrinya dilarang bepergian ke luar negeri. Namun alasan pelarangan itu tidak diungkapkan ke publik.
 
Saat Mahathir ditanya lebih lanjut apakah pencegahan terhadap Najib dilakukan terkait penyelidikan yang sedang berlangsung, dia menjawab, "Ada banyak laporan terhadapnya (Najib), yang semuanya harus diselidiki."
 
Mahathir tidak menyebut secara spesifik soal kasus yang mana yang menjadi dasar pencegahan Najib dan istrinya. "Jika sejumlah laporan valid... Kita harus bertindak cepat karena kita tidak ingin dibebani dengan ekstradisi dari negara-negara lain," imbuh Mahathir.
 
Namun diketahui bahwa nama Najib disebut-sebut terkait skandal mega korupsi 1Malaysia Development Berhad (1MDB), yang melibatkan penyelewengan dana miliar dolar Amerika. Najib sendiri telah membantah terlibat skandal itu. Otoritas Malaysia telah menyelidiki skandal korupsi itu di lingkup domestik dan Jaksa Agung Malaysia menyatakan Najib bersih dari kasus itu.
 
Saat ditanya soal kapan penyelidikan 1MDB akan diluncurkan kembali, Mahathir menyatakan ada banyak negara yang harus dihubungi dan berbagai laporan yang perlu ditelaah. Diketahui juga bahwa sejumlah negara termasuk Amerika Serikat (AS) dan Swiss tengah menyelidiki skandal 1MDB.
 
Mahathir ingin segera menuntaskan penyelidikan 1MDB. Disebutkan Mahathir bahwa ada cukup bukti untuk menyelidiki hal-hal yang telah dilakukan oleh Najib dan jika diperlukan, penegakan aturan hukum akan dilakukan.(lipo*3/int)
 
 



Berita Lainnya :
 
  • Hujan Deras, Longsor Timbun Sejumlah Titik Jalan di Kampar
  • Bupati Inhil Peringati HCTPS Sedunia Bersama Siswa SDN 007 dan SDN 008 Tembilahan
  • Layanan Medevac Pesawat Permudah Evakuasi Pasien Emergency
  • Kasus Dugaan Pelanggaran Pemilu, Walikota Pekanbaru Akhirnya Penuhi Undangan Bawaslu Riau
  • Narkoba di Bandara SSK II Pekanbaru Terungkap dari Pembalut Wanita
  • Hujan Akibatkan Longsor di Jalan Riau-Sumbar
  • Kasus Pembakaran Bendera Tauhid, Polisi Periksa 3 Orang Saksi
  • Liburan ke Nepal, Dahi Merah Luna Maya Jadi Sorotan Netizen
  • 4 November Mendatang, Masyarakat Inhil Diajak Hadiri Peringatan HKN
  •  
     
     
     
       
    Nasional Daerah
    Politik Hukrim
    Ekonomi Otomotif
    Sport Internasional
    Hiburan Bandar Serai
    Lifestyle Tekno
    Travelling    
       
    Copyright © 2014-2015 LiputanOke.Com, All Rights Reserved - Redaksi - Pedoman Media Siber - Info Iklan - Disclaimer - Index