Jum'at, 14 Desember 2018
Follow:
 
Suhu di Madinah 42 Derajat, JCH Asal Riau Harus Lakukan Ini

alfi | Internasional
Minggu, 29/07/2018 | 07:04:08 WIB
MADINAH, LIPO - Suhu udara di Kota Madinah saat ini mencapai 42 derajat Celcius. Bagi Jamaah Calon Haji (JCH) asal Riau, diimbau untuk mengkonsumsi air putih dan menggunakan peralatan untuk menghindari terjangkitnya penyakit yang datang dari luar.

Petugas Kesehatan Haji Riau, Purnomo, seperti dilaporkan Nurmadi, wartawan Riaumandiri.co dari Madinah, menjelaskan, sejak sampainya JCH Riau di Madinah, suhu selalu berada di atas 40. Akibatnya ada beberapa jamaah yang terkena mimisan karena tidak menggunakan peralatan kesehatan yang dianjurkan. Seperti menggunakan masker, semprot air untuk di wajah dan masker.

“Cuaca di Madinah cukup panas, dan cuaca ini tak pernah ada di Indonesia. Jamaah kita ada yang kena mimisan, tapi sudah diobati. Dan alhamdulillah jamaah kita sebagian besar mengikuti arahan kesehatan. Minum air yang banyak agar terhindar dari dehidrasi,” ujar Purnomo.

Selain minum air putih yang banyak, kata Purnomo, JCH juga diimbau untuk tidak terlalu banyak berlari ditas di luar, lebih baik setelah Arba’ain masuk ke hotel untuk istirahat.

“Jamaah juga sudah kita minta untuk tidak keluar. Jaga stamina, kalau perlu selama di Masjid Nabawai telah tersedia minuman air zam-zam dan diminum. Masker juga jangan lupa walaupun jarak dari hotel ke masjid dekat,” katanya.

“Jangan sampai nanti ketika ke Mekkah kondisi stamina kita berkurang dan tidak bisa melaksanakan yang wajib hajinya. Kalau tidak sanggup jangan keluar,” tambahnya.

Sementara itu, salah seorang JCH asal Kampar, Syarif, mengatakan, ia mengikuti apa yang disampaikan oleh tim kesehatan haji Riau. Ia tidak ingin nanti ketika di Mekkah staminanya berkurang dan tidak bisa melanjutkan prosesi haji yang wajib.

“Alhamdulillah, saya memakai alat kesehatan yang dianjurkan tim kesehatan. Cuacanya luar biasa panas, tapi saya tidak akan mengeluh karena saya sudah ikhlas untuk naik haji ini. Termasuk di Madinah ini, tapi saya juga tetap akan menjaga kesehatan termasuk jamaah yang lain,” ungkap Syarif.(lipo*3/rmc)



Berita Lainnya :
 
  • Pemkab Inhil Raih Penghargaan Pembina KUR Terbaik 2018
  • Baru 14,7 Persen UMKM Riau Manfaatkan KUR
  • Enam Warga Meninggal Dalam Bencana Banjir Riau
  • Gerakan Anti Hoax Goes to School Isi Masa Libur Al Huda
  • Ingin Sukses, Marlis Syarif Ingatkan Siswa Patuhi dan Hormati Orangtua dan Guru
  • Gelar Seminar dan Talk Show, Fokus Ornop Inhil Datangkan Ketua KY
  • Jelang Kedatangan Jokowi, Pangdam I BB Pimpin Apel Pengamanan
  • Pemkab Kuansing Dukung RSUD Teluk Kuantan Menuju Akreditasi Paripurna
  • Masa Penahanan Lurah Pemeras Warga di Pekanbaru Diperpanjang
  •  
     
     
     
       
    Nasional Daerah
    Politik Hukrim
    Ekonomi Otomotif
    Sport Internasional
    Hiburan Bandar Serai
    Lifestyle Tekno
    Travelling    
       
    Copyright © 2014-2015 LiputanOke.Com, All Rights Reserved - Redaksi - Pedoman Media Siber - Info Iklan - Disclaimer - Index