Jum'at, 26 April 2019
Follow:
 
Tunggakan Premi BPJS Kesehatan Pekanbaru Telah Mencapai Rp112 Miliar

alfi | Daerah
Sabtu, 20/10/2018 | 06:02:42 WIB
Pekanbaru, LIPO- Kantor BPJS Kesehatan Cabang Pekanbaru merekap periode Januari-Juli 2018 tercatat sebanyak Rp112 miliar tunggakan premi dari peserta mandiri.

"Besaran tunggakan Rp112 miliar itu berasal dari peserta mandiri di lingkup kantor BPJS Kesehatan Kota Pekanbaru meliputi kantor unit cabang Kampar, Pelalawan, Kota Pekanbaru, dan Rokan Hulu," kata Kepala BPJS Cabang Pekanbaru, Rahmad Asri Ritonga dalam keterangannya di Pekanbaru, Jumat.

Menurut dia, tunggakan tersebut muncul antara lain dipicu oleh ketidakpatuhan pemegang kartu BPJS Kesehatan khususnya peserta mandiri yang mendaftar diwaktu  membutuhkan saja dan tidak membayar iuran lagi ketika mereka telah sehat.

Padahal dengan menunggak tersebut, katanya, peserta telah menganggu keberlanjutan program JKN-KIS terkait iuran yang dikumpulkan bagi yang sehat akan membantu yang sakit.

"Kepatuhan peserta sangat dibutuhkan  demi kesinambungan program nasional ini, sedangkan peserta yang tidak patuh maka akan mendapatkan resiko selain tidak bisa mendapatkan pelayanan kesehatan dan pada akhirnya yang bersangkutan juga tidak akan mendapatkan layanan publik," katanya.

Oleh karena itu, katanya lagi, tunggakan  peserta mandiri terus dilakukan penagihan dilakukan oleh Kader JKN, ditelpon tiap hari oleh petugas BPJS Kesehatan untuk meningkatkan kolektibilitas iuran kepesertaan.

Ia menyebutkan, total piutang untuk 4 kabupaten yang merupakan kewenagan Kantor BPJS Kesehatan Cabang Pekanbaru mencapai Rp112 miliar, berasal dari Kota Pekanbaru sebesar Rp61 miliar, berikutnya dari Cabang Kabupaten Pelalawan sebesar Rp9,6 miliar, dan cabang Kabupaten Rokan Hulu Rp15 miliar serta Kabupaten
Kampar Rp25 miliar.

Tunggakan iuran BPJS Kesehatan dari Kota Pekanbaru sebesar Rp112 miliar itu tunggakan terbesar berasal dari Kecamatan Tampan yang tercatat sebesar Rp57 juta.(lipo*3/ant)



Berita Lainnya :
 
  • Peringati Hari Autis Sedunia, FKO-ABK Inhil Akan Gelar Seminar dan Pentas Seni
  • Kodim 0314/Inhil Serahkan Kunci Bedah Rumah Karya Bakti di Desa Sungai Luar
  • Hari Otonomi Daerah XXIII, Wagubri Ajak Masyarakat Kawal Otonomi Daerah
  • Jadi Tersangka, Dirut PLN Sofyan Basir Dinonaktifkan
  • Kalah dari Man City, Peluang MU untuk Lolos ke Liga Champions Masih Terbuka
  • Kunker ke Kodim 0314/Inhil, Danrem 031/WB Beri Arahan ke Prajurit
  • Pasca Pemilu, Situasi Tetap Aman dan Kondusif, Sekda Bengkalis Ucapkan Terima kasih Kepada Semua Pi
  • Pantau Pelaksanaan Ujian Nasional di Sejumlah Sekolah, Ini Harapan Bupati Mursini
  • PSU dan PSL Digelar Serentak di Riau, KPPS Diberi Honor Lagi
  •  
     
     
     
       
    Nasional Daerah
    Politik Hukrim
    Ekonomi Otomotif
    Sport Internasional
    Hiburan Bandar Serai
    Lifestyle Tekno
    Travelling    
       
    Copyright © 2014-2015 LiputanOke.Com, All Rights Reserved - Redaksi - Pedoman Media Siber - Info Iklan - Disclaimer - Index