Sabtu, 15 Desember 2018
Follow:
 
Marcella Zalianty Ingin Masyarakat Apresiasi Film Indonesia

alfi | Hiburan
Sabtu, 24/11/2018 | 15:19:50 WIB
JAKARTA, LIPO - Aktris sekaligus pendiri Keana Films Marcella Zalianty berharap masyarakat Indonesia bisa mengapresiasi film dalam negeri. Menurut dia, hal ini sebagai salah satu tujuan didirikannya bioskop rakyat bernama Indiskop atau Bioskop Independen di Pasar Teluk Gong, Penjaringan, Jakarta Utara.

"Film-film Indonesia banyak juga yang berprestasi terutama yang mengedukasi juga banyak ada unsur budaya, nasionalisme," ujar Marcella saat dihubungi Republika.co.id, Sabtu (24/11).

Dia menjelaskan, bioskop rakyat ini sebagai bioskop tingkat dua bagi kalangan masyarakat menengah ke bawah. Ia akan bekerja sama dengan pihak lain untuk dapat menayangkan film-film yang sudah tayang di bioskop tingkat satu agar diputar di bioskop rakyat.

Ia mengatakan, akan mengutamakan film Indonesia yang ditayangkan di Indiskop. Marcella menilai, banyak film Indonesia yang layak diapresiasi seluruh lapisan masyarakat. Termasuk film dokumenter dan film sejarah garapan anak bangsa yang bisa memberikan wawasan bagi para penonton.

"Jadi bioskop rakyat ini juga kita memikirkan unsur merah putihnya (read: nasionalisme), agar masyarakat lebih cinta budaya Indonesia," kata dia.

Ia berharap film Indonesia bisa berkembang dan menjadi tuan rumah di negara sendiri. Sehingga, masyarakat juga bisa lebih mengapresiasi karya dalam negeri. Sementara, film produksi luar negeri bisa ditayangkan untuk kebutuhan belajar atau studi banding dalam pembuatan film.

"Kalau di Prancis itu, anak-anak sekolah dibiasakan menonton di bioskop terus mereka buat resumenya. Di samping perkembangan digital, menonton di bioskop tetap akan memberikan pengalaman berbeda," katanya.

Selain itu, ia juga berencana akan membuat pelatihan dalam pembuatan film. Akan tetapi, mengenai konsepnya, dirinya masih memikirkan konsep dan program sambil menunggu pembangunan bioskop rakyat yang ditargetkan rampung pada Januari 2019 nanti.

"Mereka nanti bisa tahu cara produksi film, tahu kalau industri kreatif juga bisa memberikan lapangan pekerjaan. Jadi nanti mereka enggak hanya menikmati film saja, tetapi bisa memproduksi sendiri," jelas Marcella

Untuk menambah rasa Indonesia, ia mengatakan, bioskop rakyat itu akan dilengkapi dengan kuliner dan jajanan khas Indonesia yang diproduksi masyarakat lokal setempat. Nantinya juga ada beberapa komunitas yang bisa melakukan kegiatan positif terutama dalam pembuatan film.

Ia berharap bisa mengembangkan bioskop dengan harga terjangkau bagi seluruh lapisan masyarakat. Tentunya, untuk menciptakan hal tersebut harus didukung oleh pemerintah dan investor. Sekaligus bisa menekan angka pembajakan di Indonesia yang meningkat.

"Tahu sendiri pembajakan di Indonesia ini semakin meningkat. Kita harap ada regulasi, pembenahan, juga infrastruktur yang memadai, nah salah satunya dengan bioskop rakyat ini," tutur Marcella.(lipo*3)



Berita Lainnya :
 
  • Ternyata Ini Alasan LAM Riau Beri Jokowi Gelar Datuk Seri Setia Amanah Negara
  • Ternyata Ini Alasan LAM Riau Beri Jokowi Gelar Datuk Seri Setia Amanah Negara
  • Disambut Gubri dan Ketua DPRD Riau, SBY Salat Jumat di Masjid Bandara SSK II
  • Pemkab Inhil Raih Penghargaan Pembina KUR Terbaik 2018
  • Baru 14,7 Persen UMKM Riau Manfaatkan KUR
  • Enam Warga Meninggal Dalam Bencana Banjir Riau
  • Gerakan Anti Hoax Goes to School Isi Masa Libur Al Huda
  • Ingin Sukses, Marlis Syarif Ingatkan Siswa Patuhi dan Hormati Orangtua dan Guru
  • Gelar Seminar dan Talk Show, Fokus Ornop Inhil Datangkan Ketua KY
  •  
     
     
     
       
    Nasional Daerah
    Politik Hukrim
    Ekonomi Otomotif
    Sport Internasional
    Hiburan Bandar Serai
    Lifestyle Tekno
    Travelling    
       
    Copyright © 2014-2015 LiputanOke.Com, All Rights Reserved - Redaksi - Pedoman Media Siber - Info Iklan - Disclaimer - Index