Tekankan Sinergitas dan Pengamanan, Kapolda Riau Evaluasi Persiapan Pilkada 2024

Tekankan Sinergitas dan Pengamanan, Kapolda Riau Evaluasi Persiapan Pilkada 2024
Kapolda Riau Irjen Pol Muhammad Iqbal SIK MH memimpin rapat evaluasi /ist

PELALAWAN, LIPO -Kapolda Riau Irjen Pol Muhammad Iqbal SIK MH memimpin rapat evaluasi persiapan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak 2024 di Hotel Unigraha PT. RAPP, Kabupaten Pelalawan, Kamis (22/08/2024).

Rapat ini dihadiri oleh berbagai pihak, termasuk Irwasda Polda Riau Kombes Pol Hermansyah, Karo Ops Polda Riau Kombes Pol Rony Lumban Gaol, Para PJU Polda Riau, Kapolres/ta Jajaran Polda Riau.

Selain itu juga hadir Sekda Pekanbaru, Pelalawan, Inhu, Inhil, Siak dan Kepulauan Meranti, Ketua KPU Pekanbaru, Pelalawan, Inhu, Inhil, Siak dan Kepulauan Meranti serta Ketua Bawaslu Pekanbaru diwakili Kordiv Hukum & Penyelesaian Sengketa, Ketua Bawaslu Pelalawan, Inhu, Inhil, Ketua Bawaslu Siak diwakili anggota dan Ketua Bawaslu Kepulauan Meranti.

Dan turut hadir Kaban Kesbangpol Pekanbaru, Pelalawan, Inhu, Inhil, Siak dan Kepulauan Meranti, Dandim Pekanbaru, Dandim Inhu diwakili Kasdim Pasi Intel, Dandim Inhil diwakili Pasi Ops sera Dandim Siak diwakili Kasdim Pasi Ops Kodim dan Pasi Intel Kodim.

”Rapat evaluasi dalam rangka Pilkada serentak pada tahun 2024 di Provinsi Riau ini dilakukan untuk melihat kendala yang dialami oleh pengawas Pilkada, sehingga dalam menghadapi Pilkada yang semakin dekat bisa lebih baik dalam penanganan pelanggaran“, ujar Iqbal.

Lanjut Iqbal, semua tugas-tugas dalam setiap kegiatan harus kita ingat betul sesuai dengan fungsinya dan tupoksinya masing- masing seperti yang sudah saya sampaikan saat rapat koordinasi lintas sektoral beberapa waktu lalu.

”Maka disini saya tegaskan lagi, maksimalkan, detailkan semua potensi kerawanan yang ada
dalam artian kelola dengan baik pada hulu masalah / preemtif. Intelijen harus tajam dan update untuk menyelesaikan potensi konflik yang ada diwilayahnya “, tambah nya.

Irjen Iqbal menekankan pentingnya kolaborasi antara TNI, Polri, KPU, Bawaslu, dan pemerintah daerah dalam mengelola potensi kerawanan dan pelanggaran selama Pilkada. Ia juga menekankan perlunya intelijen yang tajam dan sistem pengamanan yang kuat serta berkelanjutan.

Kapolda Riau mengajak semua pihak untuk menjaga keamanan dan ketertiban, memastikan Pilkada berlangsung aman, lancar, dan bermarwah.

”Kapolres, Dandim, Sekda, KPU, Bawaslu dan stakeholder harus dinamis, turun terus kelapangan dan sesering mungkin kumpul untuk melaksanakan anev, libatkan Pamatwil dari Polda Riau. Rangkul semua elemen masyarakat menangani tindak pidana Pemilu, tindakan konkret netralitas harus berinovasi “, tegas Iqbal.

Terakhir Kapolda Riau Irjen Pol Iqbal mengajak dan menghimbau untuk bersama – sama menjaga kondusifitas keamanan dan ketertiban baik sebelum, sedang atau pasca pemilihan kepala daerah tahun 2024 di Bumi Lancang Kuning ini.

”Tetap jaga keamanan dan ketertiban ditengah masyarakat, walau berbeda pandangan dan pilihan kita tetap satu dalam bingkai Bhinneka Tunggl Ika. Maka dari itu saya tegaskan mari bergandeng tangan menjaga keamanan dan ketertiban di Riau ini, sehingga pelaksanaan Pilkada di Riau khususnya dapat berjalan dan terlaksana dengan aman, lancar dan bermarwah “, pungkas Kapolda Riau Irjen Pol Muhammad Iqbal.****

Ikuti LIPO Online di GoogleNews

#Kapolda Riau

Index

Berita Lainnya

Index